Peringatan Hari Aksara Internasional ke 53 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat

By Erry 14 Nov 2018, 16:33:29 WIB Pendidikan
Peringatan Hari Aksara Internasional ke 53 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat

DIKBUD.KALBAR - Peringatan Hari Aksara Internasional ke 53 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat pada hari Jum’at – Sabtu, 9 – 10 November 2018. Kegiatan peringatan Hari Aksara Internasional ke 53 Tahun 2018 bertujuan untuk memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan dan penilaian positif kepada Tutor fan PKBM Penyelenggaraan Pendidikan Keaksaraan atas Kerja Keras dan peran aktif dalam pemberantasan buta aksara, untuk mendorong dan memotivasi Tutor dan PKBM penyelenggaraan Pendidikan Keaksaraan agar mampu berperan aktif dalam melakukan pendidikan keaksaraan. Kegiatan ini diikuti oleh 14 Kabupaten/Kota, jumlah peserta sebanyak 500 orang.

Suprianus Herman, SH selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutan menyampaikan rangkaian acara kegiatan ini ialah:

  1. Acara Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke 53 Tahun 2018; 
  2. Penilaian karya terbaik Tutor Pendidikan Keaksaraan;
  3. Penilaian karya terbaik PKBM penyelenggaraan pendidikan keaksaraan;
  4. Lomba keaksaraan warga belajar pendidikan keaksaraan;
  5. Pameran unjuk karya produk unggulan PKBM dan pendidikan Nonformal lainnya;
  6. Festival dan lomba Pendidikan Anak Usia Dini;
  7. Panggung Hiburan.

Peringatan hari Aksara ini dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Sutarmidji, (Pontianak, 9/11/2018). Kegiatan ini sangat diapresiasi dengan diselenggarakanny kegiatan tersebut, sebab kegiatan ini merupakan kesempatan bagi Pemerintah dan seluruh masyarakat untuk menyoroti peningkatan tingkat melek huruf di daerah dan merenungkan tantangan keaksaraan yang tersisa di daerah ujar Sutarmidji. Dirinya juga berharap agar kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan membuat warga didaerah mempunyai penghasilan.

Beliau juga mengatakan untuk tahun ajaran 2019, tingkat SMA/SMK di Provinsi Kalimantan Barat untuk sekolah Negeri tidak lagi menarik iuran bulanan karena akan ada Bosdaerah yang di tanggug Pemerintah, sedangkan untuk Sekolah SMA/SMK yang Swasta bagi siswa/siswi miskin akan di sediakan beasiswa. Serta bagi siswa-siswi berprestasi yang ada di Daerah juga harus terus didorong untuk melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sutarmidji juga dalam sambutannya mengatakan bahwa Provinsi menyediakan kuota PNS untuk yang berkebutuhan khusus sebanyak 5 % dan kuota 1 % untuk penyandang disabilitas.

sumber : https://dikbud.kalbarprov.go.id




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment