Pelatihan TIK Th. 2018

By Erry 14 Nov 2018, 14:48:24 WIB Pendidikan
Pelatihan TIK Th. 2018

UPT.TIKP KALBAR - Pada Tahun 2018 UPT. TIKP telah berhasil melaksanakan pelatihan TIK di beberapa daerah, yaitu Kab. Ketapang, Kab. Kayong Utara, Kab. Sambas, Kota Singkawang, Kab. Mempawah, Kab. Kubu Raya dan Kab. Bengkayang. Peserta pelatihan adalah para guru SMA/SMK Sederajat. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, mereka tidak hanya sekedar dapat memahami TIK saja akan tetapi dapat menularkan kepada rekan-rekan guru yang lain baik di sekolahnya maupun di sekolah sekitarnya.

Adapun yang menjadi materi dalam pelatihan TIK adalah sebagai berikut :

  1.  E-lerning
  2. Penggunaan blog/wordpress
  3. Penggunaan ujian online
  4. Media pembelajaran berbasis video
  5. Pembuatan buku digital

Pelaksanaan kegiatan pelatihan tik untuk guru sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2018 guru yang telah dilatih sebanyak 2.220 orang dengan rincian sebagai berikut :  Tahun 2012 – tahun 2016 melatih guru sd dan smp sebanyak 1.860 guru  Tahun 2017 – tahun 2018 melatih guru sma/smk sebanyak 360 guru  Rencana tahun 2019 melatih guru sma/smk di 10 kabupaten sebanyak 300 guru. 

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki 3 (tiga) fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu :

  1. Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya.
  2. Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya.
  3. Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.

Peran dan fungsi teknologi informasi dalam konteks yang lebih luas, yaitu dalam manajemen dunia pendidikan, berdasar studi tentang tujuan pemanfaatan TI di dunia pendidikan terkemuka di Amerika, Alavi dan Gallupe (2003) menemukan beberapa tujuan pemanfaatan TI, yaitu memperbaiki competitive positioning, meningkatkan brand image, meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran, meningkatkan kepuasan siswa, meningkatkan pendapatan, memperluas basis siswa, meningkatkan kualitas pelayanan, mengurangi biaya operasi, dan mengembangkan produk dan layanan baru. (Edi Suwarno)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment