Pelatihan Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online

By Erry 14 Nov 2018, 14:46:24 WIB Pendidikan
Pelatihan Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online

UPT. TIKP KALBAR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP, SMA dan SMK dimaksudkan untuk memberikan layanan pendidikan yang seluas-luasnya bagi masyarakat dengan tetap menjaga mutu proses, output serta outcome-nya. Hal tersebut sejalan dengan semangat "Bangga Membangun Desa bidang Pendidikan" khususnya pada pilar: Sukses Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun, terwujud Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun, serta tidak ada siswa yang putus sekolah. Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bukan kegiatan yang berdiri sendiri, namun tidak dapat dipisahkan dari aspek tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, sosial ekonomi serta dinamika masyarakat yang terus berkembang. Banyak undang-undang maupun peraturan yang dijadikan landasan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), diantaranya mengacu pada :

  • Undang-Undang nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008, Tentang Wajib Belajar;
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006, Tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan.

Pelatihan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online bertujuan untuk memberikan Pembekalan Ilmu Pengetahuan dan Ketrampilan Dasar serta Kemampuan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada para tenaga operator/teknisi SMA dan SMK yang bertugas menangani server dalam proses PPDB Online.

Adapun yang menjadi sasaran kegiatan Pelatihan PPDB Online adalah Guru/Staf Administrasi SMA/SMK dari 14 Kabupaten/Kota yang telah ditugaskan oleh Kepala Sekolah sebagai Operator/Teknisi untuk bertanggung jawab mengendalikan |server/komputer dalam proses PPDB Online. Kriteria/Strategi atau metode pelaksanaan kegiatan Pelatihan PPDB Online, dilakukan dengan :

  1. Metode Ceramah Para, Tim Pakar/Tenaga Ahli/Narasumber menyampaikan beberapa materi kegiatan pelatihan meliputi : Petunjuk Teknis PPDB Online, Aplikasi, Input Data, dan Entri Data Base Sekolah, serta kelengkapan perangkat yang diperlukan dalam proses Pelaksanaan PPDB Oline.
  2. Metode Tanya jawab, Para peserta pelatihan diberikan waktu untuk melakukan tanya jawab yang sedetil detilnya tentang apa yang mereka tidak ketahui setelah materi pelatihan disampaikan oleh Tim Narasumber.
  3. Praktek Kerja Nyata, Untuk melakukan kegiatan praktek, para peserta diwajibkan membawa Laptop masing-masing, agar lebih mudah mengikuti apa yang diajarkan oleh Tim Narasumber mulai dari cara membuka program, membuat aplikasi, membuat email, menerima email mengirimkan berita melalui email, membuka google,menerima dan mengirim data dan sebagainya.

Kegiatan Pelatihan PPDB Online, telah dilaksanakan pada Triwulan II selama 2 (dua) |hari yaitu mulai dari tanggal 4 - 5 Juni 2018, tempat kegiatan Pelatihan yang yaitu di Hotel Borneo Pontianak, dengan alamat Jalan Merdeka Barat, Nomor 428 Kota Pontianak. Sedangkan peserta adalah Guru/Staf Administrasi SMA/SMK Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab mengendalikan Server/Komputer dalam pelaksanaan PPDB Online, dengan jumlah peserta seluruhnya sebanyak 80 0rang. (Abdul Muis)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment