Pelatihan Proktor/Teknisi Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

By Erry 13 Nov 2018, 12:31:47 WIB Pendidikan
Pelatihan Proktor/Teknisi Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Keterangan Gambar : Kepala UPT. TIKP Medya Yanuar, S.Sos, M.Si Memberikan kata sambutan pada Pelatihan Proktor / Teknisi Implementasi UNBK Tahun 2018


UPT.TIKP KALBAR - Ujian Nasional adalah Ujian Akhir bagi siswa kelas 6 Tingkat SD, kelas 10 bagi Siswa Tingkat SLTP dan Kelas XII bagi Siswa Tingkat SLTA. Dalam pelaksanaan Ujian Nasional menggunakan dua pola yaitu ada sekolah yang masih menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan ada yang menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menggunakan seperangkat komputer dilengkapi dengan perangkat lunak (Sofware) yang dikendalikan melalui server yang khusus dikembangkan untuk Ujian Nasional dengan tingkat kesulitan yang sama dengan Ujian tertulis. Ujian Nasional diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi kelulusan peserta didik jenjang satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Selain itu Ujian Nasional digunakan juga untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada Satuan Pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (Credible), dapat diterima (Scceptable), dan dapat dipertanggung jawabkan (Accuntable). Sedangkan untuk mensinergikan Program kegiatan tersebut maka perlu melakukan kegiatan Pelatihan Tenaga Proktor/Teknisi agar dapat mengoperasikan server dalam memandu pelaksanaan UNBK di sekolah Penyelenggara Ujian Nasional. Sebelum pelaksanaan UNBK, maka tenaga Proktor/Teknisi perlu dilakukan pembinaan/pembekalan melalui pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan dasar dan kemampuan dalam bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi, serta tata cara mengendalikan server dan mengatasi permasalahan apabila terjadi hambatan dalam pelaksanaan UNBK Sasaran kegiatan Pelatihan Proktor/Teknisi Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah para Guru / Staf Administrasi di SMA/SMK yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah sebagai Tenaga Operator/Teknisi dan nantinya bertanggung jawab untuk mengendalikan server dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kriteria/Strategi atau model kegiatan Pelatihan Tenaga Proktor/Teknisi Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer, dilakukan dengan cara :

  1. Metode Ceramah Pada tahap awal sebelum memasuki praktek Pelatihan Tenaga Proktor/Teknisi, Tim Ahli atau Narasumber, memberikan Teori dengan Berceramah tentang Pengaturan Aplikasi Web UNBK, Persiapan Pengaturan Server, Topologi Jaringan, Tahapan Sinkronisasi dan Trouble Shooting serta perangkat lainnya yang perlu dipersiapkan dan bagaimana cara mengoperasikannya.
  2. Metode Tanya jawab Para peserta pelatihan diberikan waktu untuk melakukan tanya jawab yang sedetil -detilnya tentang apa yang mereka tidak ketahui ketika mengendalikan server di sekolah dan mengatasi hambatan hambatan serta perangkat/peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan UNBK.
  3. Praktek Kerja Nyata. Apabila peralatan yang akan dipergunakan telah siap, barulah peserta diajarkan langsung bagaimana cara menerima data dari server pusat dan memasukan data ke server sekolah dan selanjutnya mentransfer data tersebut ke komputer siswa, melaporkan data jumlah peserta dan pelajaran parktek lainnya, begitu juga dengan teknisi diberikan tata cara kerja mengatasi hambatan hambatan yang terjadi ketika UNBK sedang berlangsung.

Pelatihan Proktor/Teknisi Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer telah dilaksanakan pada Triwulan I yaitu dimulai dari tanggal 23 Maret 2018 sampai dengan 25 Maret 2018 untuk Angkatan Pertama, dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang dan disusul Angkatan Kedua tanggal 26 sampai dengan tanggal 28 Maret 2018, dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang. Jadi jumlah Tenaga Proktor/Teknisi yang dilatih seluruhnya berjumlah 300 orang, dan Pesertanya adalah para Tenaga Guru/Staf Administrasi SMA dan SMK se Kalimantan Barat. Tempat Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Proktor/Teknisi Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) , menggunakan fasilitas Hotel Merpati, Jalan Imam Bonjol Nomor 111 Pontianak.

Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan Pelatihan Tenaga Proktor/Teknisi Implementasi UNBK adalah :

  • Peserta dapat menerima materi dengan baik dan mampu serta memiliki ketrampilan sebagai Tenaga Operator/Teknisi untuk mengendalikan server/ komputer tentang proses pelaksanaan UNBK;
  • Peserta Kegiatan Pelatihan Tenaga Proktor/Teknisi Implementasi UNBK bertanggung jawab penuh dalam proses pelaksanaan UNBK;
  • Sekolah yang mengirimkan peserta kegiatan pelatihan, siap menerima kehadiran sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK);
  • Khususnya bagi sekolah yang mengirimkan peserta pelatihan tentunya menjadi tenaga Proktor/Teknisi yang handal dan tidak ketinggalan dalam masalah IT. (A. Muis)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment