Kursus Komputer Bidang TIK

By Erry 14 Nov 2018, 15:10:17 WIB Pendidikan
Kursus Komputer Bidang TIK

Keterangan Gambar : Peserta Kursus Pembuatan WEB Tahun 2018


UPT.TIKP KALBAR - Untuk meningkatkan profesionalime Guru/Staf Administrasi sebagai Tenaga Operator/Teknisi, dalam penyelenggaraan Administrasi Sekolah perlu dilaksanakan Program Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan melalui Kursus Komputer Bidang TIK bagi Guru/Staf Administrasi SMA dan SMK se Kalimantan Barat. Tenaga Operator/Teknis, sebagai bagian dari sistem penyelenggaraan suatu lembaga pendidikan melaksanakan kegiatan administrasi sekolah yang baik, tertib, dan lancar. Tertib administrasi sekolah tentunya menggambarkan bahwa sekolah tersebut telah menjalankan fungsinya sebagai suatu lembaga pendidikan yang profesional dalam peningkatan mutu pendidikan.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta diberlakukannya era global menuntut lembaga pendidikan untuk benar benar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing kuat. Perubahan struktur dunia kerja yang begitu cepat seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut tersedianya tenaga kerja yang berkualitas, mandiri dan produktif. Tenaga Operator/Teknis SMA dan SMK sebagai bagian dari lembaga pendidikan Pengetahuan. Namun demikian dalam menjalankan misi sebagai lembaga pendidikan harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi untuk mereduksi ketinggalan atau diskomunikasi dengan dunia luar Berdasarkan uraian diatas maka atas dasar ungkapan tersebut dilaksanakan kegiatan Kursus Komputer Bidang TIK.

Tujuan dari pada penyelenggaraan kegiatan Kursus Komputer Bidang TIK adalah Pembuatan Website dan Aplikasi-aplikasi lainnya, agar nanti para Tenaga Staf Administrasi/Operator/Guru mampu, menguasai dan menjadi profesional dalam mengelola dan mengoperasikan perangkat komputer sehingga pada akhirnya dalam penyelenggraan administrasi sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar, baik dalam penyampaian informasi keluar maupun informasi yang masuk melalui internet. Sasaran kegiatan Kursus Komputer Bidang TIK ditujukan kepada para Guru/ Staf Administrasi yang ditugaskan sebagai operator / Teknisi SMA/SMK se Kalimantan Barat.

Kriteria/stategi atau model pelaksanaan kegiatan Kursus Komputer Bidang TIK melalui :

  1. Metode Ceramah, Pada tahap awal sebelum memasuki praktek, tenaga Admin/Oprator/Guru, oleh tim ahli atau Nara sumber memberikan pembekalan teori dengan berceramah tentang Dasar-dasar Desain Web, Flash:Pembuatan dan Editing Obyek Dasar, Animasi, Pembuatan Obyek Simbol, Export Animasi, Instalasi dan Apresiasi CMS Wordpress, Hosting, Web Server, Upload, Penerapan Cloudflare untuk pengamanan Web. dan persiapan perangkat/peralatan yang perlukan serta bagaimana cara penggunaan aplikasi komputer dan jaringan internet disekolah.
  2. Metode Tanya jawab, Para peserta kursus diberikan waktu untuk melakukan tanya jawab yang sedetil detilnya tentang apa yang mereka tidak ketahui ketika mengoperasikan Website melalui komputer/Laptop serta mengatasi hambatanmasalah yang terjadi serta peralatan apa |yang perlu dipersiapkan.
  3. Praktek, Perangkat peralatan yang akan dipergunakan telah siap seperti peserta membawa Laptop, modem, flashdisk, barulah peserta diajarkan langsung bagaimana cara memulai membuka program dan mengajarkan cara membuat website dan aplikasi aplikasi lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan administrasi sekolah.

Kegiatan Kursus Komputer Bidang TIK , telah dilaksanakan pada triwulan ke II, selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 28 Juni 2018 sampai dengan tanggal 30 Juni 2018. Para peserta terdiri dari Guru/Staf Administrasi SMA/SMK yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah sebagai Tenaga Operator/Teknisi dengan jumlah peserta seluruhnya sebanyak 56 orang, Sedangkan tempat Pelaksanaan kegiatan Kursus Komputer. (Abdul Muis)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment