Fasilitasi Pemanfaatan TIK

By Erry 13 Nov 2018, 12:32:56 WIB Pendidikan
Fasilitasi Pemanfaatan TIK

Keterangan Gambar : Peserta Fasilitasi Pemanfaatan TIK Tahun 2018


UPT.TIKP KALBAR - Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan kontribusi besar dalam percepatan perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi (Iptek). Dalam proses pembelajaran di sekolah, sumber belajar konvensional yang selama ini dimanfaatkan sekolah tidak lagi mampu mengimbangi cepatnya perkembangan Iptek tersebut. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia termasuk gaya hidup (life style) masyarakat dunia dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, salah satu fungsi sekolah adalah menyiapkan SDM yang berkualitas dan siap bersaing secara global. Unsur kemampuan sangat penting di era globalisasi ini terutama di bidang pendayagunaan TIK. Oleh karena itu, melek TIK harus dibiasakan pada anak sejak dini (usia sekolah), yaitu melakukan kegiatan belajar dengan memanfaatkan TIK.

Perkembangan ilmu pendidikan yang sangat cepat menuntut proses belajar sepanjang hayat. Untuk mengimbangi itu perlu diciptakan sistem pendidikan dan lingkungan belajar yang fleksibel yang didukung oleh keanekaragaman system, metodologi yang berbasiskan TIK. Sistem pembelajaran berbasis TIK telah menjadi sebuah inovasi yang berarti dalam dunia pendidikan di abad ke dua puluh satu ini. Sistem pembelajaran TIK telah menunjukkan kemampuannya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan belajar dan berbagai macam tipe peserta didik. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah pesat. Perkembangan itu tidak hanya terbatas kepada teknologinya sendiri, namun juga pada kelompok penggunanya. Anak-anak generasi saat ini begitu banyak yang sudah menjadikan perangkat-perangkat teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari, seperti handphone, i-pad, computer, dan lain sebagainya.

Teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi anak-anak generasi sekarang. Hal ini pun berimbas pada proses belajar mengajar di sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menempatkan TIK sebagai salah satu pendukung utama tersedianya layanan pendidikan. Penyediaan tenaga pendidik kompeten yang merata di seluruh Indonesia telah dinyatakan sebagai salah satu tujuan strategis. Pendayagunaan TIK di tingkat sekolah/lembaga pendidikan juga berkaitan dengan aspek: kebijakan, kemampuan sumber daya manusia, dukungan infrastruktur, ketersediaan konten, dan tentu saja intensitas pemanfaatannya. Dalam pemanfaatan TIK, peran guru sangatlah penting. Guru memiliki potensi yang sangat bagus dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran. Namun demikian, apakah semua guru kita sudah mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya yang berbasis radio, televisi, dan film, untuk pembelajaran yang mereka lakukan di sekolah? Tentu saja masih banyak guru yang belum mampu memanfaatkan TIK berbasis radio, televisi, dan film untuk pembelajaran yang mereka selenggarakan.

Fasilitasi Guru Terampil dalam Memanfaatkan TIK Untuk Pendidikan Berbasis Radio Televisi dan Film. Bidang PTP Berbasis RTF, Pustekkom Kemendikbud, yang setiap tahunnya program kerja yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas guru dalam memanfaatkan TIK berbasis radio, televisi, dan film untuk pembelajaran, berhasil menyelenggarakan kegiatan “Fasilitasi Guru Terampil dalam Memanfaatkan TIK Untuk Pendidikan Berbasis Berbasis Radio, Televisi, dan Film Tahun 2018” ini. Secara umum, Kegiatan Fasilitasi Pembelajaran Berbasis Televisi Edukasi dan Suara Edukasi bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam mendayagunakan, mengembangkan, dan memanfaatkan, media pembelajaran berbasis audio dan video. (M. Dipo)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment